Pranata Humas merupakan jabatan yang masih belum banyak diketahui oleh setiap orang dilembaga pemerintahan, mengingat sejauh ini tugas pokok dan fungsi masih belum jelas atau mungkin tugas pokok dan fungsinya sudah ada namun masih belum bisa diaplikasikan diinstansi tersebut karena berkaitan dengan dukungan kebijakan daerah.

Sejauh dari apa yang penulis ketahui dari berbagai referensi, bahwa Pranata humas merupakan Jabatan Fungsional yang secara independent me”manage” kegiatan komunikasi dan penyampaian informasi, melakukan pelayanan komunikasi dan informasi berkaitan dengan kegiatan-kegiatan serta kebijakan-kebijakan pemerintah baik yang bersekala lokal/daerah maupun yang bersekala nasional.

Dijaman keterbukaan seperti sekarang informasi bisa menjadi kekuatan yang sangat dominant yang bisa meruntuhkan keamanan dan kestabilan suatu pemerintahan sehingga diperlukan cara yang tepat untuk me”manage” informasi serta mengkomunikasikan informasi tersebut yang pada akhirnya tidak terjadi miskomunikasi antara komunikator dan komunikan dalam hal ini antara pemerintah dan masyarakat. Masyarakat sendiri memiliki hak untuk memperoleh informasi dari pemerintah/badan public, karena dilindungi oleh Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Kebebasan Memperoleh Informasi Publik pada pasal 7 Ayat (1) menyatakan, “setiap Badan Publik wajib menyediakan, memberikan atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah penguasaannya kepada pengguna informasi.”

Hubungan Masyarakat (HUMAS) merupakan salah satu bagian dari Instansi Pemerintahan memiliki tugas sebagai ujung tombak pemerintah dalam mengkomunikasikan informasi-informasi yang ada yang diperlukan olah masyarakat. Dalam hal ini jabatan Pranata Humas dengan sumber daya manusia yang handal mutlak diperlukan sehingga pengkomunikasian informasi bisa efektif sesuai dengan tujuan yang diharapkan komunikator/pemerintah.

Lembaga humas di instansi pemerintah saat ini belum berjalan sesuai fungsinya, terkesan masih prematur, serta sebatas pada kerja-kerja yang sederhana dan teknis belaka. Seperti membuat press release, berhubungan dengan media, menjadi pembuka acara (MC) kegiatan formal pemerintah, maupun kegiatan keprokoleran lainnya. Humas bahkan tidak jarang menuai kecaman karena informasi yang disampaikan justru malah membingungkan. Untuk mengatasi permasalah tersebut pranata humas sekiranya bisa dijadikan solusi untuk lebih memberdayakan eksistensi HUMAS di instansi pemerintah. (ipk)