Untuk menduduki Jabatan Fungsional Pranata Humas dilakukan melalui 3 seleksi:

  1. Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil melalui Inpassing.
  2. Pengangkatan ke dalam Jabatan Fungsional Pranata Humas melalui pengangkatan pertama yaitu pengangkatan yang dilakukan melalui proses pengangkatan CPNS untuk mengisi JFPH yang kosong,
  3. Pengangkatan ke dalam JFPH melalui perpindahan jabatan;
    1. Pengangkatan ke dalam JFPH melalui perpindahan jabatan dapat dipertimbangkan apabila sesuai ketentuan/persyaratan dalam pengangkatan melaui pengangkatan pertama, memilliki pengalaman di bidang informasi dan kehumasan sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun, usia setinggi-tingginya 5 (lima) tahun sebelum mencapai BUP.
    2. Pangkat yang diberikan sama dengan pangkat yang dimiliki, jabatan yang diberikan sesuai dengan angka kredit yang ditetapkan.

Kenaikan jabatan seorang pejabat fungsional pranata humas dapat dipertimbangkan; untuk Pranata Humas tingkah terampil a) sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun dalam jabatan.; b) memenuhi angka kredit yang di tentukan; c) setiap unsure dp 3 dalam 1 (satu) tahun terakhir kurangnya bernilai baik. Sedangkan untuk Pranata Humas tingkat ahli ; a) sekurang-kurangnya telah 2 (dua) tahun dalam jabatan.; b) memenuhi angka kredit yang di tentukan; c) setiap unsur dp 3 dalam 2 (dua) tahun terakhir kurangnya bernilai baik.

Pejabat yang berwenang menetapkan kenaikan jabatan dan pangkat jabatan fungsional pranata humas:

  • Presiden

Pejabat fungsional pranata humas, madya Pembina tk I. IV/b menjadi pembina utama muda, IV/c Pranata Humas Pusat dan daerah, setelah mendapat pertimbangan dari BKN.

  • Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat.
  1. Pejabat Fungsional Pranata Humas

Pelaksana pemula pengatur Muda II/a menjadi pengatur muda TK I-II/b s/d menjadi PH penyelia, peñata TK I-III/d (pusat)

  1. Pejabat fungsional Pranata Humas pertama piñata muda-III/a dan piñata muda TK I-III/b s/d Pranata Humas Madya Pembina TK I-IV/b Setelah memperoleh Pertimbangan teknis BKN
  2. Pejabat Fungsional Pranata Humas
  • Pejabat Muda Kepegawaian Daerah Propinsi

Pelaksana Penata Pengatur Muda II/a menjadi Pengatur Muda TK I-II/b s/d menjadi Pranata Humas Penyelia Penata TKI-III/d (Propinsi)

  1. Pejabat Pranata Humas

Pertama, Penata muda III/a menjadi Penata Muda TK I-III/b s/d Pranata Humas Madya Pembina TK I-IV/b

  • Pejabat Pembina Kepegawaian daerah kabupaten/kota
  1. Pejabat Fungsional Pranata Humas Pelaksana Pemula Pengatur Muda II/a menjadi Pengatur Muda TK I-II/b s/d Pranata Humas Penyelia Penata TK I-III/d
  2. Pejabat Fungsional Pranata Humas Pertama, Penata Muda TK I-III/d s/d Pranata Humas Muda Penata TK I-III/d.

Kenaikan PNS Pejabat Fungsional Pranata Humas daerah kabupaten/kotamadya yang menduduki jabatan Pranata Humas Muda Penata TK I-III/d menjadi Pranata Humas Madya Pembina IV/a s/d Pembina TK I-IV/b ditetapkan oleh Gubernur yang bersangkutan setelah memperoleh persetujuan teknis BKN.

(sumber biro kepegawaian dan organisasi kementrian komunikasi dan informatika)