Bupati Tasikmalaya Drs. H. T. Farhanul Hakim, M.Pd yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Djedje Suhendi, ST, M.Si membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing (SIPORA) tingkat Kabupaten Tasikmalaya di OPROOM SETDA Kab. Tasikmalaya pada Kamis (29/04).

Rapat koordinasi tersebut diselenggarakan Kantor Imigrasi Tasikmalaya yang dihadiri oleh Kepala Bagian Pemerintahan Drs, H. Omay Kuswandi, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan, Pengadilan Negeri Tasikmalaya, Kejaksaan Tinggi Tasikmalaya, Departemen Agama, serta Instasnsi terkait lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Tasikmalaya Drs. H. T. Farhanul Hakim, M.Pd yang diwakili Drs. H. Djedje Suhendi, ST, M.Si mengetakan bahwa berdasarkan UU no 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, kewenangan pertahanan dan keamanan adalah merupakan kewenangan pemerintah pusat yang dalam perwujudannya terbangun secara agregat salah satunya oleh faktor situasi ketentraman dan ketertiban yang kondusif di daerah. Kemudian searah dengan otonomi daerah, pemerintah daerah dituntut dapat menjalankan berbagai urusan pemerintahan daerahnya sendiri termasuk urusan ketentraman dan ketertiban umum, oleh karenanya pemerintah daerah bekerjasama dengan instansi terkait harus tetap mewaspadai terhadap berbagai potensi disintegrasi nasional dan melaksanakan fungsi pencegahan terhadap gangguan ketentraman dan ketertiban termasuk kewaspadaan terhadap keberadaan orang asing didaerah.

Lebih lanjut dikatakan dalam konteks pergaulan internasional hubungan dengan orang asing tidak bisa dihindari, keberadaannya memiliki konsekuensi menimbulkan dampak positif dan dampak negatif sehingga salah satu upaya untuk menjaga terpeliharanya stabilitas nasional serta menghindari dampak negatif dari interaksi dengan orang asing di Kabupaten Tasikmalaya dibentuk Tim Koordinasi Pengawasan Orang Asing yang di perkuat dengan Keputusan Bupati Tasikmalaya no 470/KEP.157A/PEMUM/2007. Sehubungan dengan hal tersebut dengan diadakannya rapat koordinasi ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk saling tukar informasi, berkoordinasi dalam rangka pelaksanaan tugas dari Tim Koordinasi Pengawasan Orang Asing.

Adapun laporan penyelenggaraan dari pihak Kantor Imigrasi Tasikmalaya yang diwakili oleh Bpk. Edi Mardiyanto mengatakan bahwa dengan diadakannya rapat koordinasi ini Tim diharapkan dapat lebih berkonsentrasi lagi dalam melakukan pengawasan terhadap keluar masuknya orang asing di Tasikmalaya, keberadaannya di Tasikmalaya, serta kegiatan yang dilakukan orang asing di Tasikmalaya, sehingga kita bisa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan negatif sedini mungkin.